Indahnya Berbagi

Membuat Foto Panorama dengan Adobe PhotoShop CS2

27 May 2012 - 10:32 WIB

Pada tulisan terdahulu saya pernah menulis artikel http://orbansyah.blogdetik.com/cara-scanning-gambar-ukuran-poster-dengan-scanner-a4-di-photoshop-cs2, karena tatacara dan intinya sama maka selain untuk mengakali scanner kita yang kecil tapi bisa menscan Dokument ukuran besar misalnya peta,poster, Koran,Majalah kesemua itu tidak masuk dilayar scanner yang rata-rata berukuran A4 saja, memang ada yang menjual scanner A3 tapi harga nya selangit, sehingga akan kita akan berpikir lagi jika untuk menginvestasikan uang untuk membeli scanner A3 yang cukup mahal tersebut, dan lagi penggunaannya hanya sesekali saja, kan jadi mubazir akibatnya.

Nah untuk itu lah saya mau share juga cara menggabungkan foto ini, jika anda mau membuat Foto Panorama yaitu foto yang objeknya memanjang seperti banner.

Langkah pertama yang paling penting kita harus mempunyai software Adobe PhotoShsop CS2 atau CS3, dan terakhir sudah ada CS6, terserah anda mau pakai adobe versi berapa.Disini saya akan menjelaskan cara menggabungkan beberapa foto dengan adobe cs2.

Langkah-langkahnya sbb:

Siapkan 2 gambar yang akan kita gabungkan seperti contoh dibawah ini : Fhoto1.jpg dan fhoto2.jpg

ilustrasi-1

Langsung Klik File + Automate + Photomerge kemudian Klik OK (Lihat ilustrasi dibwah ini :

ilustrasi-2

Setelah mengikuti ilustrasi diatas, maka akan seperti ini tampilanya di Adobe CS2, ada 2 buah file fhot1 dan fhoto2 seperti gambar diatas, dan langsung klik OK, maka akan seprti dibawah ini :

ilustrasi-3

Lihatlah Fhoto Anda sudah menjadi satu tanpa kelihatan sambungan nya. Lalu atur posisi sesuai dengan yg anda ingin kan.

lustrasi-4

Lihatlah 2 buah gambar yaitu fhoto1 dan fhoto 2 tadi sudah menyatu sendiri seperti 1 halaman yang utuh. dan ini lah hasil akhirnya :

ilustrasi-5

Trik diatas berguna untuk menggabungkan beberapa Fhoto, dan Jika anda memotret objek yang panjang dengan Kamera Poket, bisa di akali melalui Pitur Automate merge dari Photo Shop CS2 ini

Posting, 7 April 2012

By. Orban (Sutan Rajo Alam)

Artikel Lainnya :


TAGS   Menggabugkan Fhoto / Objek Panorama / Foto Panorama / Teknik Menyambung gambar /


Author

orbansyah
@orbansyah

Recent Post

Recent Comments

Categories

Archive